Demi Amal, Ferrari Bikin Edisi Spesial LaFerrari Aperta

 

Perusahaan mobil sport asal Italia, Ferrari menyiapkan edisi spesial paling yahud dari LaFerrari Aperta. Tipe yang satu ini lebih dari kata spesial, sebab dibuat khusus untuk amal dengan nomor produksi 210 Ferrari LaFerrari Aperta dibuat dalam jumlah terbatas, hanya 209 unit. Namun, Ferrari akan membuat satu unit LaFerrari Aperta lagi untuk menggelar acara sosial.

Pada dasarnya, LaFerrari Aperta edisi paling spesial ini tidak masuk rencana produksi. Sebab, Ferrari awalnya hanya akan membuat LaFerrari Aperta sebanyak 209 unit. Namun, karena untuk amal, dibuatlah satu unit yang sangat spesial, LaFerrari Aperta ke-210. Rencananya, hypercar LaFerrari Aperta tanpa atap ini akan dijual melalui rumah lelang RM Soptheby’s, 9 September 2017 mendatang.

Pencinta Ferrari yang menginginkan LaFerrari Aperta mendapat kesempatan untuk memiliki mobil itu. Ferrari memutuskan untuk membuat satu unit lagi untuk dilelang dan dana hasil pelelangan akan dijadikan amal. Informasi ini dibocorkan oleh RM Sothebys.

LaFerrari ke-210 unit ini akan diluncurkan di hari yang sama ketika acara pelelangan berlangsung. Kabarnya, mobil produksi ke-210 ini memiliki livery yang unik. Kemungkinan mobil ini akan dijual dengan harga antara 3 juta euro sampai 4 juta euro. Hasil uang itu akan diamalkan. Untuk diketahui, LaFerrari Aperta menggunakan mesin V12 6.2 liter bertenaga 800 PS. Mobil ini juga menggendong sebuah motor listrik yang menambah tenaga sebesar 163 PS, jadi total tenaganya mencapai 963 PS.

Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu kurang dari tiga detik. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 km/jam. Saat pertama kali memperkenalkan Aperta, hypercarversi atap terbuka dari LaFerrari, Ferrari mengumumkan hanya akan membuat 209 unit untuk seluruh dunia. Itu pun sudah ludes terjual saat perkenalannya tahun lalu.

Tapi kini Ferrari berubah pikiran, pabrikan bermerek kuda jingkrak itu akan menambah satu lagi LaFerrari Aperta, namun mobil ini akan dilelang dan dananya digunakan untuk kepentingan amal. Penyelenggara lelang, RM Sotheby, menyatakan hypercar bermesin hybrid itu saat ini belum diproduksi. Pengumuman waktu lelang akan menyusul kemudian. Perkenalannya pun akan dilakukan di acara khusus di kantor pusat Ferrari di Maranello, Italia.

Ditambahkan, LaFerrari Aperta itu merupakan edisi spesial yang mengusung tema ulang tahun Ferrari ke-70. Sejauh ini belum ada informasi mengenai spesifikasi detail mobil edisi spesial ini, namun tampaknya akan menggunakan warna eksterior yang unik.

Berdasarkan lima mobil LaFerrari Aperta edisi spesial dengan cat khusus lainnya yang sudah dipasarkan, tampaknya mobil baru ini akan mengusung tema yang sama, yakni berkonsep balap yang terinspirasi dari ajang adu cepat kendaraan di masa lalu.

Ajang lelang ini diperkirakan akan diminati para kolektor. Tak ayal, taskiran harga jualnya pun tidak main-main. RM Sotheby menaksir LaFerrari Aperta edisi khusus ini akan terjual dengan harga antara 3 juta hingga 4 juta euro atau sekira Rp46,5 miliar hingga Rp62 miliar. Padahal dalam kondisi standar, harga mobil ini hanya di kisaran USD2 juta atau sekira Rp26 miliar. Memproduksi mobil edisi khusus untuk amal bukan baru kali ini dilakukan Ferrari. LaFerrari juga dibuatkan edisi khusus produksi ke-500 unit. Uang hasil penjualannya disumbangkan untuk korban gempa Italia pada tahun lalu.

Namun, belakangan terakhir ini, nama hypercar LaFerrari Aperta edisi ke-210 ini kembali naik, karena digadang-gadang harganya akan melebihi mobil LaFerrari edisi terakhir ke-500 yang dibanderol sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp 92 miliar. Memproduksi mobil edisi khusus untuk amal bukan baru kali ini dilakukan Ferrari. LaFerrari juga dibuatkan edisi khusus produksi ke-500 unit. Uang hasil penjualannya disumbangkan untuk korban gempa Italia pada tahun lalu.