Harus Tahu! Asuransi Mobil Tak Akan Menanggung Mobil Yang Terkena Banjir

16

Menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan diperdiksi berlangsung hingga Februari 2016. Tingginya curah hujan ini tentu akan menyebabkan berbagai masalah serius seperti banjir yang sudah pasti akan melanda sebagian wilayah Jakarta dan beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Tren banjir tahunan ini banyak diprediksi akan menyebabkan berbagai kerusakan pada kendaraan Anda. Untuk itu, Anda diharapkan lebih waspada lagi ketika harus melintasi jalan yang terendam banjir menggunakan mobil roda empat Toyota.

Hal ini penting karena keselamatan kendaraan Anda akan dipertaruhkan dan akan banyak kerugian yang Anda dapatkan. Pertengahan Februari 2015 lalu, salah satu perusahaan asuransi di Indonesia telah menerima lebih dari 1800 klaim asuransi kendaraan yang terkena banjir.

Hal ini menggambarkan, betapa besarnya kerugian yang ditimbulkan akibat banjir tahunan. Kerugian pertama, kendaraan rusak dan tidak semua kerusakan tersebut bisa diklaim ke asuransi, terkecuali bila kendaraan Anda diasuransikan tipe All Risk dan Paket Plus Perlindungan Bencana Alam.

Secara umum, asuransi akan mengganti bila terjadi kerusakan lebih dari 75 persen, pada kendaraan yang murni rusak karena bencana alam. Ini berlaku bila kendaraan Anda secara tidak sengaja terendam banjir dan oleh karenanya mesin utama terendam hingga mati total, bukan karena kelalaian pengemudi yang memaksa menerobos banjir.

Apabila ada unsur kesengajaan, maka asuransi berhak menolak klaim asuransi tersebut. Wah, tentu dengan aturan semacam ini Anda wajib menjadi semakin berhati-hati ketika menggunakan mobil dalam kondisi banjir ya.