Honda Siap Pamer CR-V Hybrid, Begini Wujudnya

Honda akan memperluas jajaran mobil ramah lingkungannya. Salah satunya dengan menambah line up mobil hybrid. Setelah hadir dengan mesin turbo, Honda CR-V bakal dilengkapi dengan versi hybrid. Honda akan memamerkan prototipe Honda CR-V Hybrid di ajang Frankfurt Motor Show 2017 yang digelar bulan ini.

Tenaga hybrid dipasok dari sistem dua motor Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang mirip dengan Accord Hybrid. Motor listrik dipassangkan dengan mesin bensin Atkinson-cycle i-VTEC 2.0 liter. Di Accord penggerak hybrid itu memiliki tenaga total hingga 215 daya kuda. Konsumsi bahan bakar kombinasinya mencapai 20,4 km per liter.

CR-V Hybrid memiliki tiga mode berkendara, yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. Honda terus menggenjot persiapan peluncuran dari generasi terbaru dari Honda CR-V. Salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Honda ini sedianya tak bakal lama lagi bakal melakoni debutnya di dunia.

CR-V edisi terbaru akan mengambil banyak isyarat dari generasi ke-10 dari Honda Civic. CR-V 2017 nampak mengusung grille trapezoidal yang diapit oleh lampu LED ramping. Bumper CR-V 2017 juga telah didesain ulang dengan intake yang lebih besar dan lebih bergaya sporty.

Melihat di bagian samping, Honda CR-V 2017 tidak berubah drastis. Keseluruhan jendela bahkan sama dengan model terdahulu. Sementara bagian belakang, mendapatkan sentuhan lampu sporty berbentuk “L” terbaru yang terlihat mirip dengan Civic baru dan Acura Concept SUV-X. Adapun di bagian interior, sejauh ini belum ada rincian detail. Meski pun, banyak laporan yang menunjukkan jika CR-V 2017 ditawarkan dengan kursi tiga baris alias tujuh penumpang.

Informasi lainnya, Honda CR-V edisi 2017 akan mendaulat mesin i-VTEC naturally aspirated. Honda juga akan menawarkan semua mesin bensin turbocharged terbaru serta pilihan bertenaga diesel, dengan kapasitas antara 1,5 sampai 2,4 liter.

Akan ada juga mesin menjadi pilihan dari hybrid powertrain plug-in, yang menggabungkan mesin bensin empat silinder 2.0-liter dengan motor listrik. Kita tunggu kabar selanjutnya.

Sejatinya, Honda CR-V generasi kelima punya opsi mesin 1.600 cc 4 silinder turbo diesel i-DTEC selain dari versi 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo dan 2.000 cc 4 silinder i-VTEC yang sudah kita kenal. Nah, di beberapa negara di Eropa, Honda CR-V diesel rencananya akan dipensiunkan dan diganti dengan Honda CR-V hybrid yang akan tampil di Frankfurt Motor Show setelah memamerkan diri di China.

Tidak ada mesin turbo di Honda CR-V hybrid ini, yang ada adalah mesin 2.000 cc 4 silinder i-VTEC dengan siklus Atkinson plus unit twin motor Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Sedikit banyak, pondasi sistem hybrid CR-V ini mirip dengan Accord hybrid. Setelah digabungkan, total tenaganya mencapai 215 hp dan klaim konsumsi BBM-nya sekitar 20,4 km/liter. Tidak buruk kan? Girboks Honda CR-V hybrid memakai E-CVT.

Ada 3 mode berkendara di Honda CR-V hybrid : EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. EV Drive sudah jelas artinya, mobil hanya akan berjalan menggunakan tenaga baterai dan motor listrik saja. Jika masuk ke Hybrid Drive, mesin 2.000 cc 4 silindernya akan menyala, tapi tidak menyalurkan tenaga dan torsinya ke roda. Tidak, sebab mesin itu menyala untuk menyediakan listrik ekstra buat baterai dan mesin listriknya, macam genset di ruko seberang.

Pindah ke Engine Drive, maka mesin bensinnya langsung pindah tugas untuk menyalurkan tenaga dan torsinya untuk menjalankan mobil, sementara mesin listriknya akan memberi electric boost kala pengemudi butuh lompatan instan untuk berakselerasi. Secara penampilan, nyaris tak ada beda signifikan antara Honda CR-V hybrid ini dengan Honda CR-V Turbo yang ada di Indonesia.

Rencananya, Honda CR-V hybrid akan hadir dengan fitur Honda Sensing yang lengkap, di mana itu sudah termasuk Adaptive Cruise Control (ACC), Collission Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assist System.