Hyundai Kona EV Meluncur 2018

Kalian masih ingat dengan Hyundai Kona atau Hyundai Kauai? Ya, mobil tersebut adalah CUV yang beberapa bulan lalu sempat mengundang perhatian dari banyak pihak karena konsep desainnya yang terlihat out of the box seperti Toyota C-HR. Dan kini Hyundai kembali bereksperimen dengan Hyundai Kona dengan menambahkan sebuah varian bertenaga listrik yang akan diperkenalkan di tahun 2018 mendatang.

Hyundai Kona EV sendiri diperkirakan akan diperkenalkan ke publik pada gelaran Geneva Motor Show 2018 mendatang pada bulan maret 2018. Dan kepastian ini sendiri senada dengan target Hyundai yang pernah disebutkan di pertengahan tahun ini bahwa Hyundai Kona EV akan akan menyapa publik di tahun 2018 dengan target mampu menempuh jarak 240 mil alias 386 km untuk sekali pengisian daya secara penuh. Kehadiran Hyundai Kona EV sendiri akan menambah pilihan kendaraan bertenaga listrik yang dimiliki oleh pabrikan asal Korea Selatan ini selain Hyundai Ioniq EV.

Namun walaupun bersaudara, Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV tak akan menggunakan mesin yang sama, bahkan secara kapasitas baterai, Hyundai Kona EVakan diperlengkapi dengan baterai yang lebih besar. Kehadiran Hyundai Kona EV juga akan melengkapi versi berbahan bakar bensin dan berpenggerak AWD yang sudah dijual saat ini. Hadirnya Hyundai Kona EV sendiri juga senada dengan rencana jangka panjang Hyundai yang ingin merilis sekitar 15 model kendaraan bertenaga listrik, baik hybrid, plug-in hybrid, full electric vehicle, maupun mobil dengan fuel cell hingga tahun 2020 mendatang.

Walaupun kepastian kehadiran Hyundai Kona EV sudah dikonfirmasi, namun belum ada detail mengenai mobil ini selain target jarak tempuhnya tersebut. Jika hadir nanti, Hyundai Kona EV sendiri akan langsung bertarung dengan Honda HR-V Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid yang ada di kelas yang sama dengan mobil ini. Hyundai Kona EV juga akan menjadi mobil di segmen CUV yang akan menerima teknologi ini setelah sebelumnya Hyundai Creta facelift juga mendapatkan ubahan walau hanya sebatas mild hybrid saja.

Rekor Chevrolet Bolt sebagai EV dengan jarak terjauh terancam dengan hadirnya Hyundai Kona Electric. Bagaimana spesifikasinya?

Hingga saat ini Chevrolet Bolt masih mencatatkan diri sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh. Namun rekor tersebut sepertinya tak lama lagi akan tumbang, hal ini dikarenakan hadirnya Hyundai Kona yang digadang-gadang sebagai SUV full electric.

Seperti dikabarkan oleh, Hyundai akan memperkenalkan mobil setrum anyarnya bertepatan dengan Geneva Motor Show 2018.

Kisi-kisi tentang Kona bertenaga listrik sebenarnya sudah terendus sejak pertengahan tahun 2017. Salah satu ambisi besar Hyundai adalah pada jarak tempuh yang cukup mengesankan dalam satu kali pengisian baterai. Hyundai Kona Electric digadang-gadang mampu menyempuh jarak 240 mil atau setara 390 km.

Jarak ini memang belum bisa dibuktikan sebelum Kona Electric diuji secara terbuka. Namun jika memang nantinya Kona mampu meraih jarak yang ditargetkan tersebut, maka mobil ini akan mematahkan gelar Chevrolet Bolt sebagai pemegang rekor jarak tempuh terjauh saat ini dengan 383 km.

Bagi Hyundai, Kona bukanlah mobil elektrik pertamanya. Sebelumnya telah ada Ionic EV yang diluncurkan di tahun ini. Pihak Hyundai mengatakan bahwa keduanya berbeda, Kona Electric menggunakan powertrain yang berbeda dengan Hyundai Ioniq EV dan juga dilengkapi dengan baterai yang lebih besar.