Lakukan Tindakan Berikut Ketika Mobil Mengalami Kebakaran

23

Anda sebagai pengemudi kendaraan beroda tentu tak pernah ingin mengalami kecelakaan. Memperkecil resiko kecelakaan sebenarnya bisa dilakukan dengan cara mentaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas.

Dengan begitu, Anda akan selalu waspada dalam berkendara. Cara lain adalah dengan memeriksa kondisi kendaraan Anda demi keselamatan bersama.

Salah satu penyebab dari sebuah kecelakaan adalah terjadinya kegagalan pada mesin kendaraan sehingga memicu kecelakaan dan mengakibatkan kendaraan mengalami kebakaran.

Jika Anda hingga mengakami kecelakaan dimana mobil Anda benar-benar terbakar, apa yang harus Anda lakukan? Ada beberapa langkah untuk menghadapi ketika terjadi kebakaran mobil.

Ketika asap sudah bermunculan dari kap mesin usahakan untuk tidak panik, tetap tenang agar Anda bisa berfikir untuk tindakan yang selanjutnya.

Jika panik justru Anda tidak bisa berfikir, itu adalah prinsip utama.

Apalagi jika Anda tidak berkendara sendirian, misalkan masih ada penumpang lain di dalam mobil. Di saat itu juga Anda harus memikirkan keselamatan yang lainnya.

Yang kedua, pastikan Anda berada pasa situasi yang aman ketika Anda ingin membantu yang lainnya.

Artinya Anda telah menemukan tindakan yang tepat untuk menyelamatkan diri terlebih dahulu.

Dan dengan berfikir cepat untuk mengusahakan penyelamatan terhadap penumpang lainnya.

Jika memang terdapat penumpang yang lainnya maka pastikan membuka pintu Anda terlebih dahulu kemudian membuka pintu sisi penumpang yang lainnya.

Karena tidak mungkin Anda akan mengeluarkan penumpang lainnya jika Anda masih di dalam mobil. Ketika Anda sudah berada di luar mobil, segera bukakan pintu penumpang dari luar.

Artinya jangan terlebih dahulu berteriak meminta bantuan, mengingat waktu yang mendesak. Karena saat itu mungkin api sudah mulai tampak.

Yang keempat, segara menjauh dari mobil yang terbakar sebelum api semakin membesar, dan untuk menghindari kemungkinan ledakan mobil.

Setelah itu, hubungi pemadam kebakaran terdekat. Jika Anda berusaha memadamkan api sebaiknya berhati-hati.

Gunakan alat pemadam kebakaran bila api relatif kecil. Dan yang perlu Anda ketahui, jika asap mucul dari kap mesin bukan berarti sumber api berasal dari situ.

Asap yang keluar dari kap mesin bisa muncul akibat mesin dalam kondisi overheating.