MINI 1499 GT, Penghormatan Spesial untuk Model Klasik

Apakah kalian pernah mengetahui Mini 1275 GT? Ya, ini Mini 1275 GT adalah salah satu seri dari produk – produk Mini yang cukup ikonik. Diproduksi dari tahun 1969, Mini 1275 GT mengemban mesin yang berbeda dibandingkan produk Mini kala itu, yaitu mesin 1.275 cc yang juga digunakan oleh Mini Cooper S pada rentang waktu yang hampir bersamaan. Dan untuk menghormati model ikonik itu, Mini kembali membuat edisi khusus.

Ya, Mini 1499 GT adalah seri penghormatan untuk pendahulunya Mini 1275 GT. Hadir dengan beberapa pembeda dibandingkan dengan varian Mini Cooper biasa, Mini 1499 GT diproduksi pula secara terbatas. Jumlah unit yang ditawarkan untuk Mini 1499 GTsesuai dengan namanya, yaitu 1.499 unit saja untuk pasar Inggris. Mini mengatakan bahwa kehadiran Mini 1499 GT murni terinspirasi dari pendahulunya, dan tetap mengedepankan tiga nilai yang serupa, yaitu affordable alias terjangkau, memiliki style yang berbeda dibandingkan produk Mini lain, dan menjanjikan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Mini 1499 GT hadir dengan sejumlah penambahan komponen yang langsung terlihat di sisi eksteriornya. Pertama yang mencolok adalah pilihan warna di Mini 1499 GT yang hanya ada dua macam saja, yaitu pepper white dan midnight black. Untuk konsumen yang membeli warna putih, maka akan ada sticker bertuliskan Mini 1499 GT dan strip berwarna hitam, sedangkan untuk varian warna hitam, sticker yang ditempelkan berwarna emas. Selain itu sektor kaki – kaki akan menggunakan velg 17 inci berwarna hitam yang akan dipadukan dengan bespoke door entry plates di sisi sampingnya. Lampu sein dari Mini 1499 GT sendiri juga akan dibiarkan bening.

Bumper depan, bumper belakang dan side skirt dari Mini 1499 GT menggunakan milik John Cooper Works. Selain itu ada pula spoiler kecil di sisi belakang untuk mobil ini. Selain itu, sektor suspensi pun mendapatkan sentuhan dengan penggunaan suspensi berkarakter sports. Masuk ke sisi dalam, ada beberapa detail yang jelas berbeda. pertama ada sport seat yang dibalut kulit, lalu JCW steering wheel dengan Chilli Red stitching, beberapa penggunaan aksen Piano Black , dan interior yang dilabur warnaCarbon Black. Sejumlah logo JCW juga hadir di interior dari Mini 1499 GT.

Tentunya kehadiran Mini 1499 GT membuka kenangan masa lalu akan Mini 1275 GTyang memang cukup legendaris itu. Selain itu dengan unit terbatas, mobil bertenaga 102 hp dengan mesin Twin Power turbo tiga-silinder ini nampaknya akan menjadi unit yang diburu oleh para kolektor.

Dalam rangka menghormati salah satu MINI klasik terbaik yang pernah diciptakan, yaitu 1275 GT, Mini memperkenalkan 1499 GT. MINI 1499 GT dikabarkan sebagai MINI yang mereprentasikan semangat dari 1275 GT lansiran 1969, yaitu desain khusus dengan harga terjangkau. Pada masanya, 1275 GT merupakan mobil performa tinggi yang sangat digemari.

All new MINI 1499 GT mengadopsi mesin Twin Power Turbo three-cylinder engine bertenaga 102 Tk, klaim akselerasi 0-98 km/jamny adalah 10,1 detik. Penggunaan mesin 3-silinder 998 cc memberikan karakter unik dan sensasi berkendara yang berbeda. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi enam – percepatan manual berteknologi rev matching.

All new MINI 1499 GT akan tersedia dengan dua pilihan warna, yaitu Pepper White atau Midnight Black. Pada warna Midnight Black, bagian samping bodi disemati garis emas bertuliskan 1499 GT. Model Pepper White mendapatkan perlakuan yang sama, namun dengan garis berwarna hitam.

Perubahan lain di sektor eksterior adalah penyematan Mini John Cooper Works Sport Pack. Paket tersebut meliputi pelek 17 inci Track Spoke berkelir hitam, jendela beraksen gelap, dan indikator berwarna putih. Perubahan lainnya meliputi bumper depan belakang, side skirts, spoiler, dan pelat khusus pada pintu lansiran John Cooper Works.

Bagian interior dilengkap jok John Cooper Works Sports berlapis kulit dengan emblem JCW. Lingkar kemudi disemati kulit dengan jahitan Chilli Red dan fitur-fitur seperti cruise control dan pengatur sistem hiburan. Suspensi sport melengkapi perbedaan all new MINI 1499 GT, suspensi tersebut juga digunakan pada MINI One Hatch.

Seperti namanya, edisi khusus 1499 GT hanya akan diproduksi sebanyak 1.499 unit saja antara November 2017 sampai Februari 2018. Mobil ini akan dibanderol mulai dari £16,990 (setara Rp 304 juta).