Tips Membersihkan Kaca Mobil Dan Merawat Kaca Film Mobil

Kaca mobil merupakan bagian dari mobil yang berfungsi menjaga kita dari panas dan hujan. Secara tidak langsung kaca mobil mampu menjaga keamanan kita dan tentunya mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara.

Kaca film mungkin menjadi salah satu aksesoris pelengkap yang terbilang penting untuk mobil. Fungsinya yang dapat meredam panas hingga menangkal sinar ultraviolet serta meningkatkan kenyamanan dalam kabin membuat pemilik mobil merasa harus memasang kaca film untuk mobil mereka (baca: manfaat kaca film mobil). Tak heran jika jenis kaca film makin banyak dengan ragam keunggulannya masing-masing.

Harga kaca film juga cukup beragam, tergantung merk dan kelebihan yang ditawarkan. Apabila anda sudah membeli kaca film mobil dengan harga yang terbaik, maka ada baiknya pula untuk merawat kaca film mobil anda agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa tips merawat kaca film mobil serta tips membersihkannya agar tidak sampai merusak.

Tips membersihkan kaca mobil yang pertama, saat musim kemarau, keadaan jalanan cenderung kering dan berdebu. Nah tak jarang debu kering ini menempel pada kaca mobil Anda. Tips membersihkan debu kering dari kaca mobil Anda ialah dengan menggunakan kemoceng bulu ayam. Kemudian lanjutkan dengan mengelap kaca menggunakan kain lap kering bertekstur lembut.

Tips membersihkan kaca mobil yang kedua, saat musim penghujan tiba, tak jarang kita harus bepergian ditengah guyuran air hujan. Nah, tips membersihkan air hujan dari kaca mobil Anda yaitu setelah hujan reda, segera siram dan bilas kaca mobil Anda dengan air bersih untuk menghilangkan efek air hujan yang dikhawatirkan mengandung asam. Jika sudah, Anda dapat mengelap permukaan kaca hingga benar-benar kering.

Tips membersihkan kaca mobil yang ketiga, saat musim penghujan, jalanan biasanya menjadi basah dan belok. Oleh karena itu sering ada tanah basah yang menempel pada kaca mobil. Tips membersihkan kaca mobil dari noda tanah yang masih basah ialah dengan menyiramkan air bersih secukupnya, lalu lanjutkan dengan mengelapnya dengan kain lembut hingga benar kering.

Tips membersihkan kaca mobil yang keempat, jangan menggunakan bahan kimia maupun alkohol untuk membersihkan kaca mobil. Kedua jenis cairan tersebut dapat mengurangi fungsi peredam panas sinar matahari dan juga dapat merusak lapisan kaca dan membuat kaca menjadi buram.

Tips membersihkan kaca mobil yang kelima, ketika Anda menjumpai ada kotoran atau noda yang menempel pada kaca mobil Anda, segera lap kotoran tersebut. Nah tips membersihkan kaca mobil dengan mengelap ialah lakukan gerakan mengelap satu arah. Gerakan memutar saat membersihkan kaca dapat membuat kaca menjadi mudah tergores.

CARA MERAWAT KACA FILM MOBIL AGAR AWET, TIDAK KUSAM, BURAM, DAN TERGORES

Cara merawat kaca film mobil yang pertama ialah perhatikan kondisi wiper. Kaca mobil khususnya bagian depan dan belakang sangat lekat hubungannya dengan wiper. Periksa kondisi wiper secara rutin. Kondisi wiper yang kurang baik dapat membuat kaca menjadi tergores. Ciri-ciri karet wiper yang harus diganti ialah karet sudah tidak lentur, karet terlihat pecah-pecah, saat dioperasikan tidak menyapu air dengan sempurna. Untuk menjaga wiper tetap dalam kondisi yang baik, sebaiknya angkat lengan wiper saat mobil diparkir dalam waktu yang lama (berhari-hari hingga berbulan-bulan).

Cara merawat kaca film mobil memang lekat hubungannya dengan kondisi wiper. Pastikan tangki cairan wiper selalu terisi air. Jangan pernah mengoperasikan wiper saat kaca dalam kondisi kering, apalagi jika kaca mobil dalam keadaan kotor dan berdebu karena dapat menimbulkan goresan halus pada permukaan kaca film mobil Anda.

Cara merawat kaca film mobil yang kedua yaitu sebaiknya hindari penggunaan cairan berbahan kimia untuk membersihkan kaca film mobil Anda. Namun jika Anda benar-benar ingin menggunakannya, pilih cairan pembersih kaca mobil dengan pH normal (7) sehingga tidak merusak struktur kaca. Pilihlah cairan pembersih kaca film yang berkualitas baik dan jangan lupa baca terlebih dahulu petunjuk pemakaiannya.

Cara merawat kaca film mobil yang ketiga ialah jika Anda menggunakan cairan concentrate untuk membersihkan kaca, pastikan semua sisa cairan pembersih tersebut dilap hingga bersih. Jangan sampai Anda meninggalkan sisa cairan tersebut, apalagi hingga mengering, karena dapat membuat lapisan dan struktur kaca menjadi rusak sehingga membuat kaca menjadi kusam dan buram.

Cara merawat kaca film mobil yang keempat yaitu dengan memperhatikan kotoran yang terdapat pada sela-sela karet jendela mobil Anda. Jika yang masuk ke dalam sela-sela adalah butiran pasir kecil dan tidak dibersihkan, maka kaca film mobil Anda berpotensi tergores dan timbul baretan.

Cara merawat kaca film mobil yang kelima ialah sewaktu hujan, seringkali bagian dalam kaca menjadi mengembun. Nah cara merawat kaca film agar awet disini ialah dengan mengelap embun hingga benar-benar kering sebelum Anda meninggalkan mobil. Embun yang dibiarkan menempel pada bagian dalam kaca film mobil dapat menyebabkan timbulnya jamur pada kaca.

Nah demikianlah ulasan lengkap tips membersihkan kaca mobil dan cara merawat kaca film mobil agar kondisi kaca film mobil Anda benar-benar bersih dan prima.