Toyota Punya Varian Hybrid untuk Semua Model pada 2025, Termasuk di Indonesia

Toyota menargetkan untuk memiliki varian hybrid pada semua model pada 2025. Model-model di Indonesia tak dikecualikan.

Eksekutif pabrikan Toyota di Indonesia menyatakan bahwa prinsipal mereka di Jepang telah mencanangkan ambisi menghadirkan pilihan mesin hybrid bagi semua model, sekitar tujuh tahun dari sekarang. Salah satu perusahaan otomotif terbesar dunia ini sekarang baru menawarkan opsi hybrid bagi Camry, Alphard, Prius, RAV4, Avalon, Highlander juga C-HR.

Opsi hybrid yang sudah dijual di Indonesia sendiri adalah untuk Camry, Alphard, Prius. Toyota berencana pula menghadirkan varian hybrid dari C-HR, tapi masih menunggu regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang berisi insentif pajak terbit. Semua model yang disebutkan di atas masih diimpor utuh.

“Cita-cita Toyota, semua model punya tipe hybrid pada 2025. Ini target Toyota global, termasuk yang di Indonesia,” ujar Bob Azzam, Bob Azzam, Director of Administration, Corporate, and External Affairs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Menurut dia, varian hybrid di Indonesia kelak tak hanya untuk model-model Toyota yang diproduksi TMMIN, tapi juga model rakitan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). ADM sendiri merakit model-model berbanderol relatif terjangkau bagi Toyota.

“Semua model dengan merek Toyota, termasuk yang diproduksi Daihatsu. Daihatsu, kan, sudah dimiliki Toyota juga,” ucap Bob.

Sebagai gambaran, TMMIN memproduksi lima model yaitu Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta. Sementara, ADM diberi tugas merakitkan Avanza, Rush, Agya, Calya, plus Townace/Townlite.

Saat ini sulit membayangkan mobil-mobil murah Toyota rakitan Daihatsu punya opsi hybrid. Namun, kita tunggu saja bagaimana realisasi ambisi Toyota tersebut di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, Toyota Motor Corporation (TMC) menginginkan agar mobil hybrid atau pun mobil listrik berkontribusi setengah dari total penjualan global mereka pada 2030. Adapun volumenya diperkirakan sekitar 5,5 juta unit.

Disebutkan pula, target mereka pada 2025 adalah mempunyai varian hybrid atau listrik murni pada semua model. [Xan/Ari]